Sabtu, 11 November 2017

AKADEMI FARMASI THERESIANA SEMARANG






          Semua orang pasti ingin kehidupannya sempurna, baik itu dalam karier , pendidikan, maupun keluarga. Akan tetapi  semuanya itu tidak akan berjalan mulus sesuai dengan yang kita harapkan, ada saja halangan atau rintangan yang menyertai kehidupan kita. Ada saja suka maupun  duka yang kita lalui.
          Sebelumnya perkenalkan nama saya Wiwik Dwidayanti , saat ini saya bekerja di SMC RS Telogorejo Semarang. Saya bekerja di bagian Farmasi . Saat ini selain saya seorang karyawan saya juga seorang mahasiswa dan juga ibu rumah tangga. Dulu saya Lulusan SMF Theresiana dan sekarang saya kuliah di Akademi Farmasi Theresiana semester 3 bangga rasanya bisa masuk lagi di Theresiana. Akan sangat sulit sekali membagi waktu untuk bekerja, kuliah dan menjadi ibu rumah tangga, oleh karena itu saya harus pintar - pintar membagi waktu untuk semua kegiatan yang saya lakukan sehari-hari dan saya harus tetap semangat. Saya sangat senang masih diberi kesempatan untuk belajar di Akademi Farmasi Theresiana walaupun sudah 13 tahun tidak sekolah. Kadang sempat berfikir lucu yaa....... sudah lama enggak sekolah. Tapi ini semua untuk kemajuan saya dan saya harus siap dengan perkembangan teknologi .
          Akademi Farmasi Theresiana merupakan perguruan tinggi swasta di Indonesia yang berbentuk akademi dan dibawah yayasan Bernadus, yang beralamatkan di jalan Gajah Mada No 91 Semarang provinsi Jawa Tengah. Akademi Farmasi Theresiana mempunyai Dosen - dosen yang berkompeten dibidangnya, mempunyai banyak fasilitas yang mendukung dalam proses belajar mengajar ( diantaranya Perpustakaan, Laboratorium Kimia, Laboratorium Biokimia, Laboratorium Teksol, Laboratorium Farmakoterapi,  Laboratorium Farmakognosi dan masih banyak lagi ) dan mempunyai ruang atau kelas perkuliahan yang nyaman. AKFAR Theresiana menyediakan kelas Reguler dan kelas Progsus. Kelas Reguler untuk semua kalangan yang tidak bekerja di RS sedangkan kelas Progsus untuk karyaan yang bekerja di RS. Selama menjadi mahasiswa AKFAR Theresiana ini praktikum yang pernah saya pelajari sudah banyak sekali mulai dari praktikum kimia anorganik, praktikum sediaan semi solid, praktikum anfis, praktikum farmakognosi, praktikum farmakologi / farmakoterapi dan masih banyak lagi begitu juga dengan materinya atau pelajarannya.
      Setiap laboratorium dilengkapi dengan alat - alat yang memadai sesuai dengan kebutuhan praktikum. Dosen pembimbing yang siap memberikan ilmunya kepada kita , dan aslep yang siap membantu kita selama praktikum . Di AKFAR Theresiana kita bisa banyak belajar mengenai banyak hal , dari cara membuat obat, meracik obat, membuat kemasan obat , mengetahui fungsi organ tubuh ( melalui hewan uji mencit ), struktur kimia obat , manajemen obat, dan masih banyak lagi. 
          Ini adalah salah satu contoh foto di laboratorium Teksol. Disini kita diajari bagaimana membuat sedian - sedian farmasi, mulai dari formulanya, cara membuatnya, cara mengujinya, bahkan cara membuat kemasan. Saya sudah belajar tentang cream, gel, unguentum, coldcream, syrup, elixir, suspensi, emulsi, suppositoria, membuat tablet dengan granulasi basah dan kering, membuat kapsul. Dalam laboratorium Teksol disiapkan semua bahan - bahan obat yang dibutuhkan dan lengkap juga alat - alat untuk pengujian sediaan. Ini juga ada salah satu contoh bentuk kemasan yang saya buat, saat itu kelompok kami membuat suppositoria dan tablet dengan granulasi kering. Kelompok kami memberi nama sediaan dengan nama Pyratosal Tablet dan Pyramol Suppo.






          Sedangkan gambar dibawah ini adalah salah satu contoh praktikum anfis, dimana kita menggunakan hewan uji mencit . Dalam praktikum ini kita bisa belajar anatomi tubuh mencit yang hampir sama dengan manusia. Disini kita juga bisa belajar fungsi dari bagian - bagian organ mencit.
Awalnya kita takut dengan mencit, tapi lama - lama menjadi terbiasa karena di praktikum farmakoterapi kita ketemu lagi dengan mencit.





          Jangan pernah lelah mencari ilmu walaupun kamu sudah tua, carilah ilmu setinggi-tingginya. Dan jangan pernah putus asa dalam segala hal, yakin lah bahwa kita pasti bisa melewati semuanya. Segeralah bergabung dengan Akademi Farmasi Theresia Semarang.
          AKADEMI FARMASI THERESIANA YESSS.....YESSSS.....
MARI MAJU BERSAMA AKADEMI FARMASI THERESIANA........







Tidak ada komentar:

Posting Komentar